Direct Marketing & WhatsApp
Direct Marketing & WhatsApp

Cara Untung Saat Nego Harga Tanah

Proses mendapatkan tanah adalah langkah awal dari usaha pengembang perumahan, dimana pencarian tanah tersebut tidaklah selalu mudah, selalu ada saja kendalanya, seperti susahnya  mendapatkan tanah yang strategis untuk lokasi proyek perumahan, sampai harga yang sesuai dengan kemampuan keuangan si pengembang, maka negosiasi yang berjalan alot  dan sulit kerap terjadi.

Tentu saja bagi pengembang yang memiliki keterbatasan dana, negosiasi yang alot tersebut akan menjadi masalah tersendiri., tetapi tidak usah khawatir selalu ada jalan untuk menghadapinya, kita akan bahas tips cara nego tanah sehingga pengembang tetap bisa mendapatkan tanah yang stategis sesuai keinginginan dengan menggunakan anggaran yang ada secara maksimal atau dengan cara menaikan sedikit harga penawaran misalnya.

Menaikan Sedikit Harga Tanah

Maksud dari menaikan sedikit harga disini adalah penaikan harga yang disertai dengan penurunan persyaratan untuk mendapatkan kompensasi. Persyaratan yang ditawar adalah penurunan dari pembayaran uang muka hingga pelunasan dengan cara tunai bertahap. Cara ini  sangat membantu bagi pengembang yang memiliki permasalahan dana yang terbatas, pengembang punya banyak waktu untuk bisa mengatur tempo pelunasan dan tetap bisa mendapatkan tanah yang diinginkan.

Baca Juga : Teknik Negosiasi Tunai Pembelian Lahan

Pengembang tentu saja tidak terbatas melakukan dengan cara  tunai bertahap saja, bisa juga mengajukan pemabayaran secara angsuran atau bagi hasil keuntungan dengan pemilik tanah misalnya, supaya pemilik tanah menjadi  tertarik, walaupun Cara ini terbilang cukup ekstrim tetapi dengan proses perhitungan yang  matang dan akurat kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak akan tercapai.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses tawar  menawar tanah. yaitu :
1. Lakukan penawaran harga tanah yang terukur dan masuk akal
2. Pergunakan proses pembayaran uang muka secara lazim.
3. Perhitungankan jangka waktu pelunasan yang bersifat meringankan
4. Kesepakatan yang jelas pembagian hasil untuk saling menguntungkan.

Dasar penawaran bisa berdasarkan analisa harga kompetitor. Kita bisa menunjukkan hasil penelusuran harga yang ditawarkan oleh kompetitor lain sehingga pemilik tanah mempercayakan tanahnya kepada kita. Cara ini terbilang cukup memakan waktu, karena kita harus menghitung kembali harga tanah berdasarkan harga bangunan yang telah dipasarkan, harus dipastikan kita tidak memberikan contoh kompetitor yang menawar dengan harga yang sangat tinggi untuk menghindari pemilik tanah memaksakan harga yang tinggi kepada kita.

Akhir kata bahwa, inti dari negosiasi adalah ketersediaan dana dan adanya kesempatan. Kita  mungkin perlu menaikkan sedikit harga yang ditawarkan oleh pemilik tanah, tetapi juga kita harus memperhatikan betapa banyak keuntungan yang akan kita peroleh dari menaikan harga penawaran tersebut. Tetapi ingat kita harus memiliki perhitungan yang akurat, karena perhitungan yang akurat dan teliti akan menentukan lancarnya proses pembayaran sampai akhir pelunasan.

Nah..demikianlah tips cara nego tanah agar untung..selamat mencoba semoga bermanfaat…

Penulis : Siti Lilik N.R

Editor : Haris Sukarnayudabrata

Sumber:

https//asriman,com/naikkan-harga-jika-negosiasi-dengan-pemilik-lahan-mentok/

https://propertisoloraya.com./cara-negosiasi-dengan-pemilik-lahan/