Direct Marketing & WhatsApp
Direct Marketing & WhatsApp

Coworking Space Konsep Hunian Kekinian Untuk Para Freelancer

Pada saat ini banyak masyarakat  yang  melakukan kegiatan usaha sejenis star-up (perusahaan rintisan), hanya  dengan satu atau dua orang teman,  usaha ini bisa dijalankan sendiri. Sedangkan untuk tempat bekerjanya pun  mereka tidak lagi bekerja diperkantoran sebagaimana umunya  ,mereka lebih memilih dilakukan di Coworking space.

Apa yang dimaksud co-working space ?  Coworking space adalah konsep kantor atau ruang kerja yang dapat digunakan oleh beberapa komunitas maupun perusahaan yang berbeda dalam waktu bersamaan. Konsep ruang kerja bersama ini memungkinkan untuk  saling berkolaborasi antara orang-orang yang bekerja dalam bidang yang sama, selain itu juga untuk  menyelesaikan pekerjaan pribadi. Biasanya Coworking space ini merupakan tempat kerja yang disewakan bisa perjam, perhari atau perbulan. .

Istilah Coworking space  ini digunakan oleh  Brad Neuberg asal Amerika Serikat . Pada tahun 2005, ia menjadi inisiator gerakan coworking di San Francisco yang bertujuan menggabungkan kemandirian dalam bekerja dan komunitas struktural ruang kantor.

Apa saja keuntungan bekerja di Coworking Space ?

Ada beberapa  keuntungan bekerja di Coworking Space yaitu :

1. Desain ruang kerja yang up to date

Coworking space menghadirkan ruangan kerja yang memiliki desain kekinian, suasana serta penataan ruangnya  dibuat senyaman mungkin, sehingga membuat pekerja merasa betah untuk  bekerja atau berdiskusi dengan rekan sejawat. Hal tersebut  akan meningkatkan produktivitas serta  kreativitas bekerja menjadi lebih baik.

2. Dilengkapi fasilitas yang lengkap untuk penunjang kerja

Coworking space memiliki sfasilitas yang lengkap untuk  menunjang kelancaran pekerjaan, dari  jaringan internet nirkabel berkecepatan tinggi , layanan  resepsionis  hingga  ruang rapat yang bisa digunakan sebagai tempat pertemuan komunitas, menjadikan ruang  kerja yang sangat  memanjakan untuk para pekerja.

3. Kondisi yang nyaman dan kondusif untuk bekerja

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia di coworking space membuat suasana bekerja   menjadi  lebih nyaman dan kondusif. dari kursi dan meja kerja yang ergonomis, ruangan  berpendingin, serta dipadu dengan layanan kafe atau restoran akan membuat bekerja  lebih   nyaman.

3. Kemudahan untuk berinteraksi dan berkolaborasi lintas bidang yang berbeda

Kesempatan untuk berkolaborasi atau bekerja sama dengan pekerja lainn mudah dilakukan karena Coworkin space  merupakan ruang kerja bersama   beberapa  perusahaan atau komunitas yang  berbeda,

4. Tempat yang yang tepat untuk sumber  inspirasi dan mengembangkan ide

Untuk pekerja  industri kreatif,  ruang kerja bersama ini dapat menjadi sumber inspirasi dan  pengembangan   ide  yang efektif.

5. Waktu bekerja yang lebih fleksibel

Coworking space menawarkan waktu bekerja yang lebih fleksibel , hanya dengan membayar sewa  sesuai tarif yang ditawarkan, maka  fasilitas  tersebut dapat  digunakan  kapan saja,  tergantung pada waktu yang diinginkan.

6. Bagi perusahaan yang baru berkembang tempat yang tepat untuk  memperluas  jaringan bisnis

Coworking space juga  menjadi sarana perluasan jaringan bisnis bagi perusahaan yang baru dirintis    atau masih berkembang. Ruang kerja bersama bisa  dijadikan  sebagai fasilitas berkumpul  para  investor maupun para penggiat komunitas. .

7. Gaya bekerja yang lebih bermakna

Keuntungan bagi pekerja freelance Coworking space ini menjadikan bekerja   lebih produktif . Survei lain bahkan menyebutkan bahwa berkumpul bersama orang-orang yang berasal dari komunitas atau perusahaan berbeda di  coworking space akan makin  menguatkan identitas pekerjaan seseorang.

8.  Prosedur administrasi yang mudah

Bekerja tidak  perlu melalui rangkaian prosedur administrasi yang rumit dan panjang. Untuk  menggunakan coworking space hanya perlu mendaftar dan  membayar biaya sewa dengan  prosedur yang amat mudah.

9.  Harga sewa yang relatif terjangkau

Harga sewa yang terbilang murah jika dibandingkan menyewa atau membeli kantor tetap untuk pengembangan perusahaan. Ruang kerja bersama ini dapat  digunakan dengan hitungan tarif per jam maupun per hari,  sesuai dengan kebutuhan  saat bekerja.

Apa Perbedaan Coworking Space dengan Kantor Tetap ?

Perbedaan coworking space dengan kantor tetap  berdasarkan pada beberapa aspek, yaitu

1.Aspek Pengguna

Pengguna  coworking space biasanya  pekerja freelance , mereka tidak hanya bisa bekerja sendiri tetapi juga berinteraksi atau bertukar ide bersama pengguna lain yang berasal dari bidang pekerjaan lain, maka  visi  serta minat  para penggunanyapun bervariasi dan berbeda satu sama lainnya,  sedangkan konsep  kantor tetap  adalah  kantor hanya dihuni dan digunakan oleh karyawan  maupun  pekerja yang berasal dari satu perusahaan yang sama, oleh karena itu  visi dan minatnya pun  sama.

2. Waktu Kerja

Waktu bekerja di coworking space lebih fleksibel, penggunaan layanan serta fasilitas coworking space bisa sesuai dengan keinginan. Hal ini berbeda dengan kantor  tetap waktu kerja tetap dalam  hitungan jam maupun hari. Selain itu coworking space bisa digunakan  dengan sistem membership atau  keanggotaan yang mudah,  sedangkan bekerja di kantor konvensional  memerlukan rangkaian perjanjian  dengan prosedur yang telah ditetapkan.

3. Layanan dan Fasilitas

Coworking space menawarkan fasilitas perkantoran standar yang digunakan secara bersamaan,  seperti mesin faksimile, pencetak, atau mesin fotokopi dan sebagainya , juga  menyediakan ruang pertemuan  serta  layanan resepsionis yang meliputi penerimaan telepon maupun surat-menyurat.   Sedangkan kantor tetap memiliki layanan dan fasilitas yang lebih luas serta adanya ruang-ruang khusus yang disesuaikan dengan  kebutuhan operasional kantor.

4. Biaya Operasional

Biaya operasional di Coworking space  lebih rendah. Hal ini berbeda dengan kantor tetap yang harus disewa atau dibeli dengan harga tinggi. Di Coworking space  cukup membayar sewa atau biaya keanggotaan sesuai waktu yang diinginkan  dengan prosedur yang lebih mudah, maka biaya operasional yang dikeluarkan pun  akan lebih terjangkau  dibandingkan menyewa kantor tetap.

5. Konsep desain dan tampilan

Konsep  desain di Coworking space lebih  kekinian, instagramable, nyaman, unik, serta menarik.  maka dengan konsep  tersebut, para founder start-up atau  freelancer tentu akan lebih tertarik  menghabiskan waktu bekerja di co-working space .

Fasilitas yang biasa ditawarkan oleh pengelola coworking space adalah sebagai berikut:

• Koneksi Internet Cepat

Koneksi internet yang cepat merupakan fasilitas yang wajib ada di setiap Coworking space. karena koneksi internet yang cepat sangat berpengaruh pada pekerjaan  pengguna Coworking Space

• Layanan fasilitas penunjang kerja

Keberadaan mesin fotokopi, pencetakan, dan pemindaian dokumen saat bekerja sangat penting oleh  karena  itu pengelola Coworking space sudah menyediakan  semuanya.

• Free flow refreshment

Pengelola Coworking space pasti  menyediakan kudapan ringan atau sejenisnya untuk pengguna  dan bersifat  free flow.

• Ruang rapat

Coworking space juga menyediakan sewa  ruang rapat yang dapat dipakai oleh 10 – 12 orang.  Fasilitas ini perlu jika sewaktu-waktu dibutuhkan privasi ekstra untuk    berdiskusi dengan tim atau  bertemu dengan  klien penting.

• Alamat korespondensi

Salah satu fasilitas yang ditawarkan dari paket sewa coworking space adalah alamat domisili  usaha.  Alamat ini dapat cantumkan pada kartu nama, akun media  sosial, atau situs perusahaan,  tentu saja hal ini akan menaikkan citra perusahaan  di mata klien dan investor.

• Penempatan logo perusahaan

Biasanya pengelola menempatkan  logo  dalam layar LCD TV di area lobi, sehingga menjadi  penanda bahwa adanya keberadaan sebuah  kantor perusahaan

• Onsite support

Adanya personal pendukung seperti  resepsionis, office boy, atau cleaning service,  yang akan  memenuhi berbagai kebutuhan selama bekerja di coworking space.  misalnya ruangan akan tetap terjaga bersih dan apik dengan adanya cleaning service , tamu yang  bisa diarahkan langsung  menuju ruang meeting oleh resepsionis dan dilayani oleh office boy dengan baik.

Konsep Coworking space ini akan menjadi gaya masa kini kaum milenial oleh karena itu para developer harus menjadikan bahwa konsep Coworking space  ini menjadi bagian dari rencana  pengembangan hunian yang harus sudah diwujudkan.

Kamis, 30 Januari 2020  :10.00

Haris Sukarnayudabrata

Media Sarana Informasi (MSI)

ECes.Q (Software Marketing, Keuangan , dan Akuntansi Pengembang Perumahan)

sumber :

uniqorn.co.id

forum.rumah123.com

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.