Direct Marketing & WhatsApp
Direct Marketing & WhatsApp

Kendala Optimalisasi Stimulus Sektor Properti

Tren kenaikan properti yang terjadi saat ini ternyata belum menampakan hasil yang menggembirakan. Vaksinasi dan kenaikan sektor komoditas serta Stimulus yang dikucurkan pemerintah  belum mampu mempengaruhi optimalisasi  kenaikan tren tersebut.

Stimulus sektor properti masih mengalami banyak kendala, sedikitnya ada empat kendala yang terjadi, yaitu antara lain :

  1. Adanya kebijakan perbankan yang diskriminatif terhadap sektor pekerjaan tertentu (seperti sektor retail, pusat perbelanjaan dan perhotelan misalnya). Kebijakan tersebut  menyulitkan para pencari rumah.
  2. BI 7-Days Repo Rate belum sepenuhnya membuat suku bunga perbankan turun karena penurunannya belum cukup memenuhi harapan konsumen, 
  3. PPN nol persen hanya berpengaruh pada pengembang sekala besar yang memiliki rumah siap huni tetapi tidak bagi pemodal berkemampuan terbatas. 
  4. periode kebijakan insentif PPN berlaku sangat singkat yaitu sampai Agustus tahun ini padahal proses pembelian properti  membutuhkan waktu lama.

Kendala-kendala tersebut perlu secepatnya ditanggulangi oleh pemerintah  mengingat kondisi pandemi sudah melemahkan sektor properti saat ini. Pemerintah harus segera melakukan evaluasi dan koreksi untuk melakukan kebijakan yang lebih tepat.

Penulis/Editor : Haris Sukarna Yudhabrata

Sumber :

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210408/47/1378531/wah-insentif-properti-pemangkasan-ppn-dp-0-persen-tidak-maksimal

https://tirto.id/diskon-ppn-hingga-dp-0-stimulus-perumahan-yang-sulit-ditembus-gbqe