Direct Marketing & WhatsApp
Direct Marketing & WhatsApp

Memahami Desain Rumah Sehat

Aspek kesehatan menjadi pedoman penting dalam membangun sebuah rumah. Penghuni rumah menginginkan rumah yang sehat, dalam artian rumah memberikan dampak kesehatan jasmani rohani kepada  penghuninya.

Sebuah rumah akan dipengaruhi oleh keadaan di sekitarnya, seperti cuaca dan kondisi udara.  Di daerah bersuhu dingin menuntut desain rumah yang bisa menciptakan kehangatan di dalamnya. Sebaliknya di tempat beriklim panas, sebuah rumah memerlukan desain pada bagian rumah untuk keluar masuk udara yang lebih baik dan mungkin pula harus ditambah perangkat pengatur suhu ruang.

Berikut adalah hal-hal penting untuk pengembang  mendesain sebuah rumah sehat:

  1. Dinding mengunakan batu bata tebal, batu alam atau beton sebagai penahan atau penunda masuknya terpaan panas dari sinar matahari ke dalam rumah. Batu bata yang tebal sebagai material bangunan rumah biasa dipakai pada rumah-rumah di daerah tropis. Dampaknya adalah penghematan listrik dan uang, karena  kita tidak perlu harus beli air conditioning (AC). Rumah bisa lebih sejuk di siang hari.
  1. Mendesain sirkulasi udara pada sebuah bangunan rumah. Para arsitek perumahan akan membuat bentuk lubang-lubang udara pada tempat-tempat yang bisa mengarahkan udara masuk dan keluar serta mampu memberi dampak pada kondisi udara di dalam ruang-ruang  rumah secara baik. Bentuknya bisa lubang udara pada dinding. Agar tetap mempertahankan estetika, lubang-lubang udara dibuat dari bahan tertentu, seperti kayu, lembaran besi  maupun kaca dengan motif sehingga bisa mempercantik rumah dan beri kesan moderen.
  1. Hubungan antara kualitas tidur dan desain kamar tidur. Hal ini ditentukan pemilihan warna kamar tidur yang bisa mewakili suasana hati serta bisa memudahkan penghuni rumah untuk  Warna-warna lembut sangat cocok untuk desain ruang kamar tidur dan tersedianya lampu tidur.
  1. Menggunakan cat dinding yang mampu beri kemudahan saat dibersihkan dari noda. Cat ini berbahan khusus namun juga tidak berbahaya / tidak berbau tajam dan tidak ganggu kesehatan. Ruang bermain anak dan dapur biasanya menggunakan tipe cat ini.
  1. Pengembang perumahan yang baik akan sangat perhatikan cahaya masuk ke dalam rumah yang dibuatnya. Desain rumah modern banyak menggunakan kaca karena penghuni rumah butuh cahaya masuk untuk menerangi ruangan dan sinar matahari bisa membunuh kuman. Adanya kaca ruangan ini pun bisa buat penghuni melihat pemandangan segar ke luar rumah (melihat taman, kebun,dll).

Penulis: Awal LD