Direct Marketing & WhatsApp
Direct Marketing & WhatsApp

Micro House Konsep Hunian Untuk Perumahan Dengan Lahan Terbatas

Menurut riset yang dilakukan Kompas.com pada 7-11 April 2017 lalu dengan jumlah 300 responden generasi milenial yang tinggal di tujuh kota besar. menunjukkan, hanya 39 persen generasi milenial dengan rentang usia 25-35 tahun yang telah memiliki hunian. Ini artinya menyisakan 61 persen yang belum punya tempat tinggal.

Khalawi Abdul Hamid ,Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR menyatakakan bahwa, ada beberapa hambatan yang dihadapi generasi milenial Indonesia saat ini hendak membeli hunian, mereka dihadapkan pada persoalan sulitnya memiliki rumah. Hal ini terjadi dikarenakan pengeluaran konsumsi generasi milenial sangat tinggi sedangkan kenaikan upah masih rendah.

Selain itu hambatan lainnya adalah terjadinya lonjakan harga properti yang tidak sebanding dengan kenaikan upah pekerja. ini berdasarkan data Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Bank Indonesia (BI), harga hunian naik 39,7 persen dalam satu dekade. “Sedangkan kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) di seluruh Indonesia per-tahun dengan memperhatikan pertimbangan tingkat inflasi masih belum sebanding,” kata Khalawi.

Permasalahan lainyalah adalah suku bunga pinjaman untuk pembelian rumah di Indonesia, belum sesuai dengan karakteristik anak muda di dalam negeri. karena sebagian generasi milenial merupakan pekerja kreatif, banyak dari mereka tidak memiliki slip gaji yang diperlukan sebagai syarat mendapatkan pinjaman untuk pembelian rumah. Oleh karena itu, Khalawi mengatakan perlu ada pembaharuan dalam kebijakan, strategi dan program penyediaan hunian di Indonesia. Pembaruan itu perlu diarahkan mendorong penyediaan hunian bagi generasi milenial, terutama yang di perkotaan.

Apa yang harus dilakukan pengembang untuk menghadapi permasalahan tersebut ?..tentu saja kondisi demikian akan mendorong pengembang untuk melakukan strategi yang lebih inovatif untuk menyiasati permasalahan -permasalahan tersebut , salah satunya adalah dengan menawarkan konsep hunian micro house ,karena konsep micro house merupakan konsep perumahan yang lebih ramah terhadap keterbatasan dana dan lahan yang saat ini terjadi.

Ada baiknya kita harus mengetahui dahulu apa yang dimaksud dengan konsep rumah micro house..?. Micro house adalah sebuah istilah untuk hunian yang memiliki luas kurang dari seratus meter persegi.Sedangkan menurut Wikipedia arti micro house adalah gerakan rumah mungil atau gerakan rumah kecil merupakan gerakan sosial yang mempromosikan dan menganjurkan kepada masyarakat untuk mengecilkan ukuran rumah tinggal mereka dan hidup sederhana di rumah – rumah yang berukuran kecil.

Ada beberapa keuntungan bagi generasi milenial bila konsep konsep micro house sebagai pilihan, hunian ,yaitu antara lain :

1. Micro house adalah rumah yang berukuran kecil maka pemakaian energinya pun akan lebih sedikit dan lebih hemat,tentu saja ini akan memberikan manfaat baru bagi lingkungan sekeliling.

2. Rumah yang berukuran kecil tentu juga mengurangi konsumsi, baik dari segi perabotan dan makanan. karena rumah yang sempit tidak memerlukan banyak barang atau furnitur.

3. Dengan memiliki rumah yang sempit akan lebih lebih banyak waktu untuk kegiatan di luar rumah. misal berkebun , menanam bunga, dan aktifitas yang lainnya.

Selanjutnya, rumah yang kecil biasanya cenderung lebih dekat ke pusat kota, keberadaannya akan memudahkan penghuni untuk beraktifitas. mengurangi bahkan menghilangkan kebutuhan akan pemakaian kendaraan pribad dan mengurangi beban transportasi serta memberi dampak posistif terhadap lingkungan. berarti rumah yang kecil merupakan konsep yang tepat untuk rumah perkotaan karena di perkotaan tidak memungkinkan untuk membangun rumah yang besar dan memiliki halaman yang luas.

Penulis : Haris Sukarnayudabrata

Sumber :

https://www.arsitag.com/

https://economy.okezone.com/read/2014/06/17/472/1000165/daftar-keuntungan-tinggal-di-rumah-sempit

https://tirto.id/penyebab-generasi-milenial-indonesia-susah-punya-rumah-ecGG

https://www.google.com/search?q=arti+micro+house&oq=arti+micro+house&aqs=chrome.0.69i59.7447j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

https://properti.kompas.com/read/2018/04/09/155858321/61-persen-milenial-belum-punya-rumah?page=all

https://ekonomi.bisnis.com/read/20160903/48/580717/micro-homes-solusi-kekurangan-rumah

http://rumah190.com/menyiasati-lahan-dan-dana-terbatas-dengan-micro-house-1323