Direct Marketing & WhatsApp
Direct Marketing & WhatsApp

Optimis! Penjualan Properti di Masa Pandemi Tunjukkan Tren Positif.

Krisis ekonomi  saat ini mendorong pelaku industri properti di masa pandemi untuk bertahan,  upaya adaptasi dan antisipasi dari kemungkinan yang tidak dapat diprediksi mutlak harus dilakukan. Sektor properti di masa pandemi harus tetap optimis, mengingat  Indonesia merupakan pasar properti yang sangat potensial dengan jumlah penduduknya yang besar.

Prediksi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bahwa Indonesia pada tahun 2030- 2040 akan mengalami masa bonus demografi, yaitu terjadinya lonjakan jumlah penduduk produktif  sekitar 190 juta jiwa atau sebesar  64 persen dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Kondisi ini akan menjadikan Indonesia sebagai  pasar besar untuk bisnis hunian pada sepuluh tahun kedepan.

Potensi  besar bagi sektor properti sudah dapat dirasakan  saat ini, menurut survei Indonesia Property Watch (IPW) diliputan Kompas (30/10-2020), sekalipun masih  dikondisi krisis ternyata pada kuartal III ini, khususnya untuk segmen menengah keatas terjadi kenaikan nilai penjualan sebesar 8,5 persen untuk hunian seharga 500 juta-1Milyar, sedangkan hunian diatas 1 Milyar mengalami kenaikan sebesar 2,9 persen, walaupun ini tidak terjadi dikelas bawah, dimana  pada kelas bawah justru terjadi penurunan, setidaknya ini menunjukan adanya tren positif  yang  terjadi disektor bisnis properti.

Baca Juga : 2020 Properti Turun Harga, Saat Tepat Beli Rumah?

Lalu,  mengapa terjadi demikian ?..Dimana kenaikan hanya terjadi pada segmen menengah atas saja ? ..Diyakini bahwa ini terjadi karena dimasa krisis ekonomi  masyarakat  kelas  menengah keatas  masih memiliki likuiditas, dengan terjadinya penurunan suku bunga deposito, obligasi, dan harga saham, mendorong kelas menengah keatas untuk menjadikan properti sebagai pilihan mereka untuk berinvestasi.

Oleh karena itu, kelas menengah keatas ini akan menjadi harapan bagi sektor properti di masa pandemi untuk tetap eksis dan optimis dimasa krisis ini.

Penulis/Editor : Haris Sukarnayudabrata

Sumber: https://www.kompasiana.com/irwanrinaldi/pasar-properti-ketimpangan-antar-segmen-makin-terlihat

https://ekonomi.bisnis.com/read/pasar-properti-masih-potensial-di-tengah-pandemi